Mengatur Ilmu Tehnik Informatika

Rabu, 18 November 2015

LATIHAN BESERTA PEMBAHASAN 
 
Soal Pilihan Ganda
1.  Berikut ini adalah contoh implementasi perancangan  interface yang sesuai 
     dengan konsep yang dirintis oleh Ben Shneiderman, kecuali ……………..
     A.  Adanya pointing dengan mouse       C.  Aplikasi Touch-screen
     B.  Teknologi surface computing             
D.  Teknologi Teleimmersion

2.  Pembuatan prototype suatu sistem merupakan implementasi dari konsep 
     ……….
     A.  Deductive reasoning    C.  Inductive reasoning
     B.  Abductive reasoning    
D.  Trial and error

3.  Berikut ini adalah contoh penerapan beberapa gaya interaksi antara user
     dengan sistem, kecuali ……………….
     A.  Speech recognition            C.  Tool box pada aplikasi grafis
    
B.  XML pada web-services D.  Hyperlink di web

4.  Contoh langkah antisipasi untuk meminimalisir kesalahan (mistake) user 
     dala berinteraksi dengan sistem adalah dengan …………….
     A.  Memberi jarak antar icon
     B.  Memilih ukuran toolbar yang nyaman untuk dilihat
     C.  Memilih kontras warna yang jelas pada button
    
D.  Membuat manual dan help dari sistem


Soal Essay
1.  Sebutkan satu contoh kasus Individual Differences 
     pada aspek non-fisik yang perlu   diperhatikan pada saat 
     proses perancangan suatu sistem !
     

     Jawab :
    -> Perbedaan gender (kasus : Pria VS Wanita)
    -> Perbedaan usia (kasus : anak-anak VS orang dewasa)
    -> Perbedaan kondisi mental (kasus : anak autis)
    -> Perbedaan tingkat pendidikan
    -> Perbedaan latar belakang agama, budaya
    -> Dan masih banyak lagi..



2.  Sebutkan 1 (satu) contoh penerapan konsep Ergonomis 

     pada konteks yang terkait    dengan pengaturan elemen control & display  !
 

     Jawab :
     Contoh sangat banyak, bisa mengambil salah satu model pengaturan
     elemen-elemen interface (button, toolbar, toolbox, icon, dan sebagainya)
     pada tampilan suatu interface, atau mengambil contoh pengaturan elemen
     control pada desain fisik suatu  device (pengaturan keypad pada handphone,
     tombol pada remote, gamepad khusus untuk game tertentu, dan
     sebagainya).


3.  Sebutkan 3 (hal) yang menjadi fokus perhatian  

     utama seorang perancang sistem ketika    
     akan mengimplementasikan menu pada tampilan suatu sistem !
     

     Jawab :
     ->  Jenis menu apa yang akan digunakan
     ->  Fitur atau fungsi apa saja yang akan dimasukkan ke alam menu
     ->  Pemilihan kata/istilah yang akan digunakan dalam menu
     ->  Pengelompokan menu-menu yang sejenis
     ->  Pemilihan shortcut keyboard yang akan digunakan untuk mengakses 

           menu





TIDAK PERLU BANYAK YANG PENTING PAHAM








1 komentar: